Penggunaan Dana Wakaf Untuk UKM

Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan mengakui Indonesia memang tertinggal dari negara-negara di Asia Tenggara dalam pemanfaatan dana wakaf sebagai penggerak usaha mikro dan kecil. Indonesia berupaya mengejar ketertinggalan pemanfaatan dana wakaf sebagai salah satu sumber utama pembiayaan usaha mikro dan kecil.

Potensi dana wakaf yang dapat digunakan sebagai sumber pembiayaan usaha mikro kecil amat sangat besar. Sejumlah lembaga sosial yang menandatangani kesepakatan itu antara lain Badan Wakaf Indonesia (BWI), Yayasan Dompet Dhuafa, dan Yayasan Baitul Maal Muamalat.

Dia menilai kerja sama tersebut sangat penting karena instrumen dana wakaf belum banyak dioptimalkan, padahal bisa dikembangkan untuk membiayai pelaku usaha mikro dan kecil.

Syarifuddin meyakini kerja sama tersebut akan meningkatkan pengembangan koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) yang saat ini semakin subur. Perkembangan KJKS dengan prinsip bagi hasil menurutnya saat ini terus berkembang dengan pesat. KJKS, ujarnya, dapat menjadi salah satu solusi ekonomi bagi anggotanya. Hal itu, kata Syarifuddin, menjadi dasar pemikiran pemerintah untuk mendukung pengembangan KJKS sebagai kekuatan ekonomi mikro di masyarakat.

Peran dan fungsi wakaf sebagai instrumen pengembangan ekonomi umat sangat besar manfaatnya. Namun, pengembangan wakaf produktif di Indonesia memang belum dioptimalkan. Kondisi Itu menyebabkan pengembangan dana wakaf masih kalah dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Menurutnya, titik lemah pengelolaan wakaf selama ini pada kualitas sumber daya manusia.

“Para pengelola wakaf yang profesional hanya berjumlah 30%, sedangkan 70% sisanya kurang profesional. Berdasarkan data ini wajar dalam pendayagunaan wakaf di Indonesia kurang produktif,” katanya.

Mantan menteri agama mendukung kerja sama tiga lembaga dalam penyaluran dana wakaf dalam konteks mengembangkan koperasi jasa keuangan syariah dan baitul maal wattamwil (BMT) karena mampu menciptakan produktivitas mendayagunakan wakaf sebagai instrumen kesejahteraan umat.

Bagaimana pengaplikasian Wakaf sebagai sumber permodalan UKM kita nantikan saja bagaimana para ahli bermain dengan cantiknya.,😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s