Jumlah Ideal Wirausaha Indonesia 6,1 Juta Orang

JAKARTA – Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menargetkan pertumbuhan wirausaha Indonesia pada 2013. Target ideal adalah dua persen dari jumlah populasi penduduk atau 6,12 juta orang.

Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram mengatakan, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan wirausaha Indonesia hampir mendekati angka ideal sebesar dua persen, yakni 1,56 persen atau 3.707.205 orang. “Target tersebut kami perkirakan bisa tercapai karena banyak program pendukung dari Kemenkop untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru,” katanya pada acara dengar pendapat dengan Komisi II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Jakarta, Senin I3/9], seperti dikutip Antara.

Jumlah wirausaha Indonesia dua tahun lalu, menurut Agus, masih sekitar 0,24 persen (570.339 orangl. Peningkatan jumlah ini terjadi karena terdorong dari program-program pengembangan wirausaha. Program penciptaan wirausaha yang diusung Kemenkop dan UKM. seperti Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN). Program itu diimplementasikan di tingkat pusat dan daerah melalui pelatihan nasional dan sosialisasi kewirausahaan di seluruh provinsi.

Program lain, yakni eksposisi kewirausahaan, magang di perusahaan, pembekalan teknis, keterampilan manajerial bagi wirausaha, dan pengembangan inkubator bisnis melalui perguruan tinggi, menurut dia akan terus ditingkatkan.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s