Pengembangan Kewirausahaan Melalui Pemberdayaan Koperasi

PEMBANGUNAN masyarakat harus dititikberatkan pada persiapan mereka menghadapi ketidakpastian masa depan, yang mencakup sisi fisik tapi juga membangun karakter dan kapasitas mereka berupa kompetensi, pendidikan, pelatihan, dan keterampilan.
Dengan melihat itu semua, kita sepakat untuk membangun kemandirian ekonomi melalui kewirausahaan dan koperasi adalah menjadi sangat penting. Salah satu faktor pendukungnya adalah jumlah kelompok usia produktif yang besar, di mana kelompok ini mendominasi piramida demografi penduduk Indonesia.

“Inilah salah satu golden area untuk mendorong Indonesia menjadi negara besar dari sisi ekonomi. Pemerintah dalam upaya membangun kewirausahaan melalui strategi pemberdayaan koperasi adalah salah satu program yang telah dikembangkan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dalam upaya pemberdayaan koperasi dan UKM,” papar Menkop UKM DR Syariffudin Hasan, MM, MBA saat ceramah tentang peluang dan kiat-kiat menjadi calon entrepreneur pemula atau wirausahawan baru di Acara Temu Kader Koperasi Wirausaha Baru di gedung Paradise Product Promotion Center (P3C), Manado, Sulawesi Utara.

Hal tersebut, tambah Menkop, untuk meningkatkan usaha Koperasi dan UKM serta meningkatkan semangat dan daya saing serta peningkatan kapasitas SDM bagi pelaku usaha di kewirausahaan. “Sebagaimana diketahui bersama, tingkat pertumbuhan ekonomi yang sustainable dengan tren semakin tinggi, hal ini dapat ditunjukkan, bahwa pemerintah melalui program Kerja Kabinet Indonesia Bersatu I dan dilanjutkan kerja Kabinet Indonesia Bersatu II telah berhasil meningkatkan kondisi perekonomian nasional,” tegas Syarif Hasan.
Peningkatan perekonomian nasional itu terlihat dah peningkatan pertumbuhan ekonomi dari sekitar 6,5% pada 2011 naik menjadi 6,7% pada 2012 serta diproyeksikan mencapai 7% hingga 7,7% pada 2014 mendatang. Berbanding lurus dengan kondisi ini, terjadi penurunan tingkat pengangguran dari 636% pada 2011 menjadi 632% pada 2012 serta diproyeksikan menjadi hanya sekitar 6% pada 2014 mendatang.

Kondisi itu pun berbanding lurus dengan penurunan angka kemiskinan dari 12,5% pada 2011 menjadi 6,32% pada 2012 serta diproyeksikan turun menjadi hanya sekitar 6% pada. 2014. Juga terhadap Income per kapita sudah mencapai di atas USS 3.542,5 serta anggaran belanja negara melalui APBN Tahun Anggaran 2012 yang sudah mencapai Rpl.435,4 triliun lebih.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2012, menunjukkan jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 241,547 juta, jumlah angkatan kerjanya mencapai 120,41 juta orang. Jumlah penduduk yang bekerja, sebanyak 112,80 juta orang dan yang masih belum bekerja alias penganggur mencapai 7,61 juta orang atau sekitar 6,32% dari total angkatan kerja.

“Di antara 7,61 Juta pengangguran tersebut, yang memiliki latar belakang pendidikan perguruan tinggi (PT) atau sarjana mencapai 492343 orang, Diploma l/ll/lll atau Akademi sebanyak 244.687 orang, dan lulusan SLTA/ SMK/MA mencapai 3.074.946 orang,” ungkap Menkop.
Untuk mengantisipasi kondisi itu, salah satu upaya yang sedang dilakukan secara Intensif dan berkesinambungan adalah memberdayakan UKM serta pengembangan kewirausahaan, terutama bagi kalangan terdidik. “Keterbatasan penyerapan tenaga kerja pada sektor usaha formal, telah, sedang, dan akan terus diatasi melalui berbagai upaya. Salah satu langkah strategis atau exit strategy berupa pengembangan kewirausahaan. Melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) diharapkan dapat meningkatkan rasio antara jumlah wirausaha dan jumlah penduduk Indonesia,” ungkap Menkop.

Kita menuju rasio yang ideal lebih dari 2%, sekarang baru mencapai 1,56%. Apabila hal ini tercapai, dapat dipastikan penyerapan tenaga kerja semakin meningkat, kemiskinan semakin menurun, dan pada akhirnya kesejahteraan rakyat semakit meningkat dan sefnakin baik, dengan tujuan agar masyarakat tergerak hatinya untuk berwirausaha,” Imbuh Menkop.

Sumber: Jurnal Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s